Stress Pemicu Beragam Penyakit Ketahui 7 Cara Mengobatinya

0
61

Stress adalah penyakit mental yang paling sering diderita oleh banyak orang. Kehidupan memang penuh dinamika yang terkadang banyak sekali menimbulkan tekanan. Malah Anda sebenarnya tidak bisa menghindari tekanan ini. Maka untuk tetap sehat Anda juga harus mengerti bagaimana untuk tetap mengobati tekanan seperti ini. Kebanyakan orang salah memilih dengan menghabiskan waktu di bar ataupun hal lain yang notabenennya malah mengurangi kesehatan.

Dari tekanan akibat stress ini pengidap akan beresiko untuk terserang berbagai penyakit. Jika didiamkan secara terus menerus sebenarnya kondisi seperti ini tidak baik juga. Sebab intinya tekanan mental tidak akan pernah baik. Inilah beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan dari stress. Agar Anda bisa lebih memperhatikan kesehatan mental dikemudian harinya.

Stress Penyebab Demensia

Demensia atau Alzheimer adalah penyakit pada otak yang menyebabkan penderitanya kehilangan memori secara berkala. Orang-orang dengan penyakit ini bahkan bisa melupakan dirinya sendiri. Beberapa faktor utamanya adalah stress. Ketika mengalami gangguan tekanan ini maka darah lebih banyak memproduksi kortisol. Sehingga pada otak akhirnya merusak bagian hipokampus. Dimana disana adalah tempat penyimpanan seluruh memori penting anda.

Alzheimer ini bukanlah penyakit yang hanya disebabkan oleh usia saja. Melainkan juga ada faktor eksternalnya yaitu tekanan mental ataupun beban yang membuat anda menderita secara mental. Semakin sering seseorang mengalami kejadian seperti ini. Maka resiko terserang penyakit demensia semakin tinggi. Untuk menghindari penyakit ini sebenarnya Anda bisa menerapkan beberapa tips.

  • Hindari untuk terlalu lama berkecimpung dalam pemikiran negatif. Karena pikiran negatif itu sejatinya hanya perkiraan saja. Terkadang seseorang berpikir negatif tapi hanya sebuah prasangka saja dan tidak terbukti sama sekali. Maka untuk memastikan Anda terhindari dari penyakit ini. Mulailah mengurangi overthinking.
  • Nikmati hidup apapun hasil dan cobaan yang anda jalani. Mensyukuri kehidupan adalah sebuah hal yang sangat penting dan terbukti bisa menghindari anda dari penyakit stress. Banyak orang yang berpikir meminum obat bisa menyelsaikan masalah. Tapi sejatinya dengan bersyukur justru anda bisa menghindari berbagai penyakit.

Masalah Kulit Karena Stress

Anda pasti berpikiran stress tidak akan mempengaruhi kesehatan kulit. Tapi ternyata telah banyak yang membuktikan justru tekanan mental juga akan menyababkan kulit Anda menjadi rusak. Terutama karena saat tertekan darah akan lebih banyak memproduksi kortisol. Zat kimia itulah yang kemudian sangat rentan untuk membuat kulit Anda semakin bermasalah.

Tekanan pada pikiran juga menyebabkan produksi minyak semakin banyak. Mungkin jika kuantitas minyak ini masih berada dalam koridor wajar tidak akan memunculkan permasalahan. Sudah menjadi buruk jika kuantitas dari minyak yang diproduksi oleh kulit semakin banyak. Contohnya saja pada muka, akan sangat buruk bisa menyebabkan jerawat, komedo dan gangguan penyakit kulit lainnya.

Depresi

Stress ini kemudian juga sangat membahayakan sebab bisa menyebabkan pengidapnya mengalami depresi. Depresi adalah tekanan pada pemikiran yang membuat penderitanya merasa tidak diharapkan. Penyakit ini sangat sering dialami oleh banyak orang dengan berbagai latar belakang. Penyakit mental ini mungkin bukanlah sebuah hal yang parah.

Namun ketika tingkatannya semakin intens dan dalam hal ini bisa membuat penderitanya mengidap berbagai jenis penyakit lainnya. Pengidap penyakit ini secara berkala pasti akan mengalami tekanan yang semakin berat pada pemikirannya setiap harinya. Puncaknya adalah ketika pengidap melakukan tindakan yang sangat nekad dengan berbagai percobaan buruk seperti bunuh diri. Ataupun mengkonsumsi obat-obatan berbahaya.

Inilah mengapa banyak yang menganjurkan untuk segera menyingkirkan rasa stress apabila tengah terserang. Sebab dampak jangka panjangnya memang bisa menyebabkan penderita bisa mengidap penyakit komplikasi lainnya. Apalagi jika sudah terserang depresi ini masalah yang dideritanya pasti akan lebih berat dari sebelumnya.

Diabetes Akibat Tekanan Pikiran

Sudah terbukti bahwa stress ini bisa membuat pengidapnya mengalami diabetes. Dengan dua cara, pertama adalah dengan menyababkan pola makan yang Anda miliki tidak teratur. Sedangkan untuk cara kedua adalah dengan membuat pankreas tidak berkerja dengan baik. Karena pankreas tidak bisa memproduksi insulin dengan baik maka hasilnya gula darah melonjak.

Junk food bukan satu-satunya alasan seorang pengidap diabetes. Tapi kondisi pikiran mereka juga akan mempengaruhi. Untuk itu jika memang ingin benar-benar mendapatkan kondisi badan yang sehat terbebas dari penyakit diabetes. Maka pilihan utamanya adalah dengan melakukan pengobatan terhadap penyakit tekanan pikiran ini.

Maag

Maag, GERD juga bisa disebabkan oleh lonjakan kondisi emosional. Orang-orang yang menderita stress akan lebih terancam terkena penyakit maag jika dibandingkan dengan lainnya. Sebab sebenarnya lambung, usus seluruhnya terhubung ke otak. Jadi ketika kondisi emosional Anda sedang tidak baik maka penyakit inilah yang akan menghampiri.

Menjaga pikiran agar selalu dalam keadaan sehat adalah sebuah hal yang tidak mudah dilakukan. Kenyataan hidup serta beban pekerjaan sering menjadi permasalahan yang membuat penyakit ini bisa hinggap kepada Anda. Tubuh fit berasal dari pemikiran dan pola hidup yang sehat. Sayangi diri Anda sendiri dengan cara tidak terlalu tenggelam dalam sebuah pemikiran yang berlebih.

Sakit Pada Daerah Punggung

Orang dewasa atau lanjut usia pasti sering menderita penyakit ini. Seakan tidak ada obat yang paten untuk mengobatinya. Penyakit sakit punggung menjadi salah satu permasalahan yang sangat classic. Namun nyatanya penyakit ini justru disebabkan oleh stress. Dimana ketika kondisi pikiran kita sedang tegang. Maka setiap saraf di daerah leher dan punggung bergerak secara tegang.

Maka akan percuma jika Anda mengobati sakit punggung ini dengan cara dipijat ataupun meminum berbagai obat-obatan. Sebab sumber penyakit sesungguhnya justru ada pada pikiran Anda sendiri. Ingin terbebas dari rasa sakit punggung ini?. Jawabannya mudah Anda cukup membuat pikiran rileks.

Insomnia

Seorang yang menderita stress sudah pasti akan mengalami gangguan masalah tidur atau sering dikenal sebagai insomnia. Otaknya berkerja secara terus-menerus memikirkan berbagai hal buruk yang mungkin terjadi. Karena hal ini badan tidak bisa tidur dengan lelap. Akhirnya setiap malam pengidap pasti akan tidur terlalu larut.

Dengan kondisi tidur yang tidak teratur tersebut semakin besar pengidap untuk menderita berbagai jenis penyakit lainnya yang berbahaya. Memang dilematis jika Anda tidak bisa melakukan manajemen emosional dan pikiran dengan baik. Penyakit-penyakit berbahaya akan lebih mudah untuk menyerang diri Anda sendiri. Mulailah untuk belajar menerima segala kenyataan dan membebaskan pikiran Anda dari berbagai hal yang negatif.

Seorang motivator pernah berbicara “ kehidupan ini adalah apa yang Anda pikirkan” ini bukanlah sebuah kebohongan. Memang seperti itu adanya, Anda tidak bisa berlari dari kenyataan, namun bisa memperbaiki masa depan. Jadi untuk apa selalu berpikir negatif yang akhirnya akan membuat Anda stress. Lebih baik nikmati kehidupan ini, jangan pernah menyesali apa yang sudah terjadi tapi jalani kehidupan sebaik mungkin.

Source : https://www.healthcentral.com/slideshow/7-diseases-associated-stress

Tinggalkan Komentar di sini