close

About Sadkes

Sadar Kesehatan: Tips dan Informasi Kesehatan Sehari-hari yang dapat diakses oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun.  Dalam data di dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan ternyata hanya 20 persen masyarakat Indonesia yang sadar akan kesehatan. Nampaknya pola pikir masyarakat sudah mulai mengarah “kalau sakit ya berobat, toh sekarang sudah ada BPJS”. Artinya pola masyarakat masih berada dalam tataran tindakan-tindakan pengobatan, padahal upaya-upaya preventif juga harus dijalankan sebagai upaya pencegahan. Ketidak tahuan masyarakat tentang upaya-upaya pencegahan membuat kondisi kesehatan semakin rumit, dan biaya kuratif cenderung lebih besar. Mungkin anda pernah mendengar isu bahwa BPJS terancam bangkrut karena klaim yang harus dibayar sangat besar sedangkan premi yang diterima dari masyarakat cenderung terbatas.

Memang upaya-upaya preventif dan promotif berbeda dengan upaya kuratif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat misalnya yang sebelumnya sakit kemudian sembuh. Namun, mau tidak mau upaya preventif dan promotif juga harus digalakkan untuk menurunkan risiko orang sehat jadi sakit. Tugas yang berat jika upaya-upaya preventif dan promotif ini hanya dilakukan oleh pemerintah dimana jumlah penduduk Indonesia kini sudah bukan ratusan ribu lagi tetapi ratusan juta. Sehingga hadirnya satu komunitas dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang berorientasi kepada perbaikan kesehatan masyarakat sangatlah penting.

Sadar Kesehatan atau Sadkes dengan tagline-nya “Together for Better Health” berusaha meningkatkan derajat kesehatan melalui berbagai cara yaitu:

  • Sadar Kesehatan akan menyediakan informasi-informasi Kesehatan yang dapat diakses oleh siapa pun, dimana pun dan kapan pun sehingga mereka terarah untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang menunjangan peningkatan derajat Kesehatan masyarakat.
  • Memfasilitasi siapa saja yang ingin berbagai tips-tips/ informasi Kesehatan di media yang telah kami siapkan yaitu di website Kesehatan kami.
  • Menyediakan informasi lowongan pekerjaan di bidang kesehatan sehingga dapat mempercepat rekan-rekan di bidang kesehatan untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di bidang kesehatan.*
  • Rencana kedepan, kami akan melaksanakan program-program sosial masyarakat secara real dengan melibatkan para tenaga Kesehatan dari berbagai disiplin ilmu sehingga upaya yang dilakukan akan lebih komprehensif.*

Untuk saat ini teman-teman dapat membantu mewujudkan cita-cita kami dengan berkontribusi sebagai contributor/penulis di website yang kami miliki.  Tulisan terpilih akan kami tayangkan selamanya di website kami da nada hadiah menarik bagi yang beberapa kali tulisannya berhasil tayang di website kami.  Untuk informasi lengkapnya teman-teman bisa menghubungi tim kami di no hp (081381673530 – Priono) atau via email admin@sadkes.net / sadkesnet@gmail.com

*On Progress