Safety Talks: Three Point Contact Saat Menggunakan Tangga

0
182

Materi safety talks hari ini adalah akan membahas mengenai “Three point contact” atau tiga titik tumpu. Mungkin pembahasan ini terlihat sepele.  Tapi jangan salah, ada banyak kecelakaan saat menaiki atau turun tangga yang berakibat fatal dari terkilir, patah tulang hingga menyebabkan kematian seseorang.  Mungkin anda tidak terjatuh atau terpeleset, tetapi bisa saja sendi anda tidak kuat untuk menopang anda.  Untuk itu saat menaiki dan turun tangga kita harus senantiasa waspada.

Konsep three point contact adalah saat menggunakan tangga dengan aman, selalu pertahankan tiga titik kontak. Itu berarti dua tangan dan satu kaki atau dua kaki dan satu tangan di tangga disetiap waktu.  Pastikan bahwa kedua tangan memegang erat anak tangga sebelum melangkah ke anak tangga berikutnya.  Tiga titik tumpu boleh dikecualikan ketika anda telah mencapai landasan yang datar misalnya lantai yang stabil.  Penting juga, bahwa kondisi tubuh anda tidak membelakangi tangga baik saat memanjat ataupun saat turun.  Ya, hal ini agar anda dapat memegang anak tangga dengan erat.  Jadi posisi tubuh anda harus selalu menghadapi ke tangga.

Baca juga Materi Safety Talks tentang Penggunaan Tangga yang Aman

Saat memanjat atau turun tangga dilarang untuk membawa peralatan/ material ditangan.  Hal ini akan membuat tiga titik tumpu tidak berjalan secara maksimal.  Lebih baik pergunakan sabuk atau alat bantu lainnya sehingga three point contact dapat dipertahankan hingga anda mencapai landasan.

Three point contact
Ilustrasi Three Point Contact (Ref. Ihsa.co)

Selain itu, pastikan turun dan naik tangga dengan perlahan.  Serta jangan coba-coba melompat, walaupun anda berada di anak tanggak yang terendah.  Pastikan tetap menerapkan konsep tiga titik tumpu.  Dan jangan lupa sebelum turun, periksa hambatan saat turun seperti puing-puing atau cairan di bawah.

Konsep ini bukan saja dipergunakan untuk menaiki atau turun tangga.  Tapi juga dapat dipergunakan pada konsep menaiki/ turun dari kendaraan seperti truk, forklift dll.

Mohon selalu di ingat untuk konsep three point contact ini dan jangan takut untuk mengingatkan rekan kerja yang tidak mempraktikan hal ini.  Jangan pernah sepelekan hal-hal yang sepele, karena kecelakaan bisa terjadi karena kita menyepelekan hal yang sepele itu.

Baca Materi Safety Talks

Tinggalkan Komentar di sini