QEC untuk Menilai Paparan Risiko Musculoskeletal di tempat Kerja

31

Quick Exposure Check (QEC) merupakan sebuah metode yang dirancang oleh Robens Center for Health Ergonomics untuk menilai paparan risiko pada keluhan musculoskeletal di tempat Kerja.  Jenis pekerjaan yang cocok untuk dianalisis menggunakan metode ini seperti penanganan manual, tugas berulang, tugas statis atau dinamis, tugas duduk atau tugas berdiri, dan tugas dengan permintaan visual rendah atau tinggi.  Quick Exposure Check (QEC) adalah metode penilaian paparan yang menggabungkan penilaian observasional dan laporan diri.  Versi pertama QEC diterbitkan dalam laporan penelitian pada tahun 1999 dan terus berkembang hingga saat ini untuk menyesuaikan berbagai kondisi pekerjaan dan bidang ilmu pengetahuan.

QEC membahas beberapa faktor risiko fisik dan psikososial. Faktor risiko fisik termasuk tingkat postur canggung di berbagai bagian tubuh (yaitu leher, punggung, bahu / lengan dan pergelangan tangan), gerakan berulang, penanganan bahan manual, durasi kerja, pengerahan tenaga manual, permintaan visual, mengemudi, dan penggunaan bergetar alat. Faktor risiko psikososial termasuk kecepatan kerja dan stres. Sementara postur, pekerjaan berulang dan penyimpangan dinilai oleh pengamat, faktor risiko lainnya dinilai menggunakan laporan diri pekerja (self assessment). Penilaian pengamat dan pekerja kemudian dikuantifikasi melalui sistem penilaian paparan gabungan.

QEC didesain sedemikian rupa sehingga dalam penggunaanya tidak terlalu menyulitkan pengguna.  Namun untuk penyamaan persepsi dalam pengisian maka diperlukan pelatihan berkaitan pengisian QEC tersebut.  Tahapan pemakaian QEC ada 5 (lima) yaitu self training, observers assessment checklist, workers assessment checklist, calculation dan pertimbangkan aksi berikutnya.

Berikut ini hasil translate dari QEC Reference Guide tersebut

Postur belakang (A1-A3)

Penilaian untuk postur belakang harus dilakukan pada saat ketika punggung paling banyak menerima beban.

Back Movement (B1-B5)

Pilih HANYA satu dari dua opsi tugas: • Jika Anda menilai tugas diam atau duduk yang diam (mis. Pekerjaan sambilan, tugas berulang), nilai B1-B2 dan abaikan B3-B5. Jika bagian belakang statis untuk sebagian besar waktu, pilih B2

Posisi bahu / lengan (C1-C3)

Penilaian harus didasarkan pada posisi tangan ketika bahu / lengan adalah pekerjaan pemikul beban yang paling berat. Ini mungkin tidak harus pada saat yang sama seperti ketika paparan punggung dinilai. Sebagai contoh, beban pada bahu mungkin tidak berada pada tingkat tertinggi ketika orang membungkuk untuk mengambil sebuah kotak dari lantai, tetapi mungkin menjadi lebih besar kemudian ketika kotak ditempatkan pada tingkat yang lebih tinggi.

Gerakan bahu / lengan (D1-D3)

Gerakan bahu / lengan didefinisikan sebagai:

  • Jarang (D1) jika ada gerakan yang terputus-putus.
  • Sering (D2) jika ada gerakan teratur dengan beberapa jeda.
  • Sangat sering (D3) jika ada gerakan hampir terus menerus.

Postur pergelangan tangan / tangan (E1-E2)

Postur ini dinilai selama tugas ketika postur pergelangan tangan yang paling canggung diadopsi. Ini mungkin pergelangan tangan / ekstensi, lentur samping (deviasi ulnaris / radial). Pergelangan tangan dianggap hampir lurus (E1) jika perombakan terbatas dalam rentang sudut kecil (misalnya kurang dari postur pergelangan tangan netral. Sebaliknya, jika sudut yang jelas dapat diamati selama kinerja lab, pergelangan tangan dianggap menyimpang atau bengkok (E2).

Gerakan Kristen / tangan (F1-F3)

Ini mengacu pada gerakan pergelangan tangan / tangan dan lengan, tidak termasuk pergerakan jari. Satu gerakan dihitung setiap kali pola gerakan yang sama atau serupa diulangi selama periode waktu tertentu (mis. 1 menit).

Penilaian leher (G)

Postur leher didefinisikan sebagai terlalu bengkok atau bengkok jika sudut lebih besar dari 20 ̊ relatif terhadap batang tubuh. Jika batas ini terlampaui, pilih salah satu G2 atau G3 tergantung hingga durasinya. Kalau tidak pilih G1.

Berat maksimum yang ditangani (H1-H4)

Pertanyaan ini mengacu pada berat yang ditanggung pekerja, dan bukan berat maksimum yang ditangani dalam tugas atau muatan yang ditangani dengan penggunaan peralatan.

Waktu yang dihabiskan untuk tugas (J1-J3)

Pertanyaan ini memeriksa jumlah waktu per hari yang dihabiskan pekerja untuk melakukan tugas yang sedang dinilai.

Level gaya maksimum (K1-K3)

Pertanyaan ini mengacu pada tingkat kekuatan maksimum yang diberikan oleh satu tangan saat melakukan tugas. Bahkan jika tugas dilakukan dengan dua tangan, tanyakan pada pekerja tentang kekuatan hanya untuk satu tangan.

Permintaan visual (L1-L2)

Minta pekerja untuk menentukan apakah tingkat permintaan visual dari tugas ini ‘rendah’ (hampir tidak perlu melihat detail halus) atau ‘tinggi’ (perlu melihat beberapa detail halus). Jika persyaratannya ‘tinggi’, minta informasi lebih lanjut tentang aspek ini. Rekam ini di ruang di bagian bawah halaman.

Mengemudi (M1-M3)

Pertanyaan ini menyelidiki getaran seluruh tubuh yang mungkin menyebabkan tidak mengemudi kendaraan di tempat kerja. Pekerja diminta untuk memperkirakan total waktu yang dihabiskan untuk mengendarai kendaraan selama hari kerja. Jika pekerja tidak mengemudi, jangan biarkan jawaban kosong, beri tanda centang di M1 ‘Kurang dari satu jam per hari atau Tidak pernah’. Pertanyaan ini hanya merujuk pada mengemudi di tempat kerja, tidak termasuk mengemudi ke dan dari tempat Kerja.

Getaran (N1-N3)

Pertanyaan ini menanyakan tentang getaran tangan-lengan yang mungkin timbul dari penggunaan alat bergetar di tempat kerja. Pekerja diminta untuk memperkirakan total waktu yang dihabiskan menggunakan alat bergetar selama hari kerja. Jika pekerja tidak menggunakan alat-alat penggosok, jangan biarkan jawabannya kosong, beri tanda centang N1 ‘Kurang dari satu jam per hari atau Tidak’.

Kecepatan kerja (P1-P3)

Pertanyaan ini menanyakan tentang kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi pekerja dalam melakukan pekerjaan mereka. Jika jawabannya ‘sering’, mintalah informasi lebih lanjut tentang aspek pekerjaan ini. Catat ini di ruang di bagian bawah halaman.

Stres (Q1-Q4)

Pertanyaan ini menanyakan seberapa stres pekerja menemukan pekerjaan mereka. Jika jawabannya ‘cukup’ atau ‘sangat’, minta informasi lebih lanjut tentang aspek pekerjaan ini. Rekam ini di ruang di bagian bawah halaman.

Tinggalkan Komentar di sini