Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit

156

Pada tahun 2019, ada beberapa peraturan yang berkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan mengalami perubahan.  Salah satunya adalah keputusan menteri Kesehatan Nomor 1204 tahun 2004 yang mengalami penyempurnaan karena perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan industri serta kebutuhan hukum.  Penyempurnaan peraturan ini bertujuan untuk mencapai pemenuhan standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan serta untuk melindungi petugas kesehatan, pasien, pengunjung termasuk masyarakat di sekitar rumah sakit dari berbagai macam penyakit dan/atau gangguan kesehatan yang timbul akibat faktor risiko lingkungan.

Ada beberapa poin yang dapat kami rangkum terkait dengan terbitnya peraturan terbaru ini salah satunya berkaitan dengan standar baku kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan rumah sakit yaitu:

  1. Standar Baku Mutu Air dan Persyaratan Kesehatan Air
  2. Standar Baku Mutu Udara dan Persyaratan Kesehatan Udara
  3. Standar Baku Mutu Tanah dan Persyaratan Kesehatan Tanah
  4. Standar Baku Mutu dan Persyaratan Kesehatan Pangan Siap Saji
  5. Standar Baku Mutu dan Persyaratan Kesehatan Sarana dan Bangunan
  6. Standar Baku Mutu dan Persyaratan Kesehatan Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit

Beberapa hal dalam PMK Nomor 7 tahun 2019 masih sama dengan Kep Menkes Nomor 1204 tahun 2004.  Namun memang dalam peraturan terbaru ini ada beberapa hal pula yang update atau ditambahkan.  Dapat kita ambil contoh kualitas udara ruang.

  • Penyebutan istilah menggunakan “indeks” pada aturan lama sementara yang terbaru menggunakan istilah “standar baku mutu”;
  • Indeks pencahayaan untuk ruang pasien saat tidak tidur adalah 100-200 lux sementara pada PMK terbaru intensitas maksimal 250.  Atau pada aturan lama untuk ruang operasi indeks suhunya adalah 19-24oC dengan kelembaban 45-60% sementara pada aturan terbaru di update menjadi standar baku mutu suhunya adalah 22-27oC dengan kelembaban 40-60%. Ini juga di beberapa kondisi ada yang mengalami update skor atau nilai standar baku mutu.

Secara ringkas, sebenarnya kita dapat meninjau pelaksanaan atau kategori kepatuhan rumah sakit terhadap aturan yang ada dengan melaksanakan inspeksi.  Dari hasil inspeksi nantinya ada nilai-nilai yang di dapat dengan kategori yaitu sangat baik bila mendapatkan skor 8.600 – 10.000, kategori baik dengan skor 6.500-8.000 dan kategori kurang dengan skor < 6.500.  Form inspeksi ini sangat mudah digunakan dan sudah di rangkum sesuai dengan persyaratan kesehatan lingkungan di rumah sakit.  Pelaksanaan penilaian berdasarkan 6 standar baku yang telah tersebut diatas.

Pembaharuan aturan ini perlu dilakukan karena adanya perkembangan persyaratan penilaian mutu kinerja antara lain Akreditasi Rumah Sakit KARS/ JCI, PROPER, Adipuram Kabupaten Kota Sehar dan Green Hospital.

Rangkuman Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit

  • Kuantitas air minum setidaknya memenuhi 5 liter/TT/hari
  • Kualitas air minum dan untuk keperluan higiene dan sanitasi harus memenuhi persyaratan fisik, mikrobiologi, kimia dan radioaktivitas
  • Untuk kesehatan udara seluruh ruangan memenuhi standar baku mutu (Standar mutu mikrobiologi udara, fisik untuk kelembaban udara, pencahayaan, kebisingan,, kualitas kimia udara ruang) yang ditetapkan untuk masing-masing kategori jenis ruangan
  • Untuk rumah sakit setidaknya memiliki sertifikat jasa boga golongan B
  • Standar lain yang perlu diperhatikan adalah terkait dengan sarana prasarana seperti toilet, lantai, pintu, atap dan langit-langit
  • Pengendalian vektor yang berkaitan dengan kepadatan vektor sesuai jenisnya
  • Pengamanan limbah baik itu limbah padat domestik, cair, gas dan limbah B3. Terkait limbah B3 maka wajib ada TPS Limbah B3 sesuai dengan jenis limbahnya.
  • Pengamanan radiasi juga wajib yang memiliki izin dari BAPETEN
  • Hal lain yang diperhatikan adalah penyelenggaraan linen
  • Manajemen Kes. Lingkungan Rumah Sakit yang mencakup menajemen kesehatan lingkungan itu sendiri, peralatan kesehatan lingkungan dan tenaga kesehatan yang kompeten.

Silahkan download form inspeksi kesehatan lingkungan rumah sakit

Download Peraturan Menteri Kesehatan nomor 7 tahun 2019

Tinggalkan Komentar di sini