Perpres No. 7 tahun 2019 tentang Penyakit Akibat Kerja

1557

Perpres No.7 tahun 2019 tentang Penyakit Akibat Kerja merupakan produk hukum yang ditetapkan pada tanggal 25 Januari 2019. Peraturan Presiden ini merupakan tindak lanjut untuk melaksanakan ketentuan Pasal 48 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, perlu menetapkan Peraturan Presiden tentang Penyakit Akibat Kerja.

Penyakit Akibat Kerja adalah penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan dan/atau lingkungan kerja. Dalam perpres ini menjelaskan bahwa pekerja yang didiagnosis menderita Penyakit Akibat Kerja berdasarkan surat keterangan dokter berhak atas manfaat JKK meskipun hubungan kerja telah berakhir

Sebelumnya telah ada Kep Pres No.22 tahun 1993 tentang Penyakit yang Timbul karena Hubungan Kerja. Namun sepertinya ada istilah yang baru dalam Perpres no 7 tahun 2019 yaitu istilah “Akibat Kerja” dan “Yang timbul karena Hubungan Kerja”. Padahal secara definisi sebenarnya sama. Beberapa hal yang baru dalam Perpres kali ini adalah sebagai berikut :

  • Hak atas manfaat JKK sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan apabila Penyakit Akibat Kerja timbul dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) tahun terhitung sejak hubungan kerja berakhir. Hal tersebut ada pada Pasal 2 ayat 2 Perpres no 7 tahun 2019. Sementara pada Kep Pres sebelumnya tidak ada mengatur hal tersebut.
  • Jumlah penyakit akibat kerja yang terdapat pada Kep Pres sebelumnya pada lampiran yaitu sebanyak 31 penyakit. Sementara pada Perpres No.7 tahun 2019 ada tambahan beberapa penyakit lainnya. Secara garis besar pada Perpres ini mengelompokkan berdasarkan penyakit yang disebabkan oleh faktor kimia (39 item), penyakit yang disebabkan oleh faktor fisika (7 item), penyakit yang disebabkan oleh faktor biologi dan penyakit infeksi atau parasit (9 item). Selain itu berdasarkan sistem target organ mencakup penyakit saluran pernapasan (15 item), penyakit kulit (3 item), gangguan otot atau kerangka (8 item) dan gangguan mental/ perilaku (2 item). Selain itu penyakit kanker akibat kerja juga diklasifikasikan jenis III (8 item) dan penyakit spesifik lainnya yang merupakan penyakit disebabkan oleh pekerjaan atau proses kerja, dimana penyakit tersebut ada hubungan langsung antara paparan dengan penyakit yang dialami oleh pekerja yang dibuktikan secara ilmiah dengan menggunakan metode yang tepat. Contoh penyakitnya adaah nystagmus pada penambang.

Tinggalkan Komentar di sini