Materi Safety Talks : Manual Handling

4387

Angkat barang tidak lepas kaitannya dengan aktivitas safety.  Namun ada anggapan yang sering kita dengar yaitu “Safety itu Ribet dan gak Enak?”

Sering muncul anggapan pada karyawan kalau “Safety itu ribet dan gak enak.” Misalnya, jika ingin mengangkat barang maka sebaiknya jangan membungkuk dan harus mulai duduk dulu dst.

Perlu diakui beberapa hal dalam penerapan keselamatan kerja memang masih tidak enak atau ribet. Tetapi tentunya petugas K3 sudah berusaha mencari yang terbaik agar hal tersebut tidak ribet dan nyaman digunakan. Namun, cobalah berpikir dengan bagaimana ketika anda celaka. Apakah itu enak?

Atau ada juga yang bilang, “Seperti ini lebih enak kok” (Contoh angkat barang yang berat), tetapi rupanya yang enak pun belum tentu safety.

Mungkin sebagian besar mengatakan mengangkat barang yang enak adalah dengan membungkuk. Padahal dengan posisi membungkuk, anda akan berisiko mengalami cedera punggung. Ya, hal ini sebenarnya karena kesalahan dalam teknik mengangkat suatu benda dan juga penggunaan yang berlebihan. Jika memang beban yang cukup berat, maka cobalah untuk menggunakan alat bantu misalnya trolly, atau forklift. Tidak usah sok kuat mengangkat beban yang berat sendirian. Hal ini sepele tapi sering kali diabaikan.

Untuk itu beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah
🐥 Pikirkan sebelum mengangkat. Apakah memerlukan alat bantu atau tidak?
🐥 Perkirakan berat beban yang akan anda angkat. Pastikan sesuai dengan kemampuan anda. Jika terlalu berat minta bantuan rekan kerja.
🐥 Perkirakan jarak yang akan anda tempuh.
🐥 Perhatikan kondisi lingkungan kerja misalnya akan melewati tangga, permukaan licin dsb.
🐥 Perhatikan benda yang akan dibawa. Misalnya apakah ada tonjolan tajam.
🐥 Gunakan lutut sebagai tumpuan & pastikan punggung tetap lurus

Note : Anda bisa praktikan dilapangan cara yang tepat

Kemudian anda berpikir lagi, mau angkat barang saja pakai mikir, pakai ini itu dst. Tuh kan “safety ribet”. Silahkan jika anda beranggapan seperti itu, tapi coba anda berpikir kembali ketika anda mengalami cedera penggung kemudian tidak bisa lagi mengangkat beban berat.

Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Zero Accident. Yosh….

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar di sini