Materi Safety Talks: Near Miss

10301

Near Miss atau Hampir Celaka merupakan istilah untuk suatu kejadian yang nyaris terjadi kecelakaan, namun menimbulkan kerugian atau cidera atau bahkan kematian.  Contoh skenarionya seperti seorang karyawan yang asyik bermain hp sambil berjalan nyaris tertabrak oleh forklift yang sedang mundur karena operator forklift tidak melihat kaca spion saat akan mundur. Untuk menghindari tabrakan tersebut, operator forklift langsung menginjak rem dengan kuat.

“Untung saja gak ketabrak” (sambil ngelus dada).

Nah, itu salah satu contoh pembahasan yang akan kita bahas pada safety talks kali ini.

Umumnya hampir celaka sering dikesampingkan oleh sebagian orang.  Padahal hampir celaka bisa kita dikatakan sebagai pengingat kemungkinan terjadinya kecelakaan.  Near miss mengingatkan kita bahwa ada banyak bahaya di sekitar kita dan kita harus tetap waspada dan berhati-hati dalam bekerja.

Karena dianggap bukan suatu hal yang penting, kadang kala near miss tidak dilaporkan.  Padahal dengan adanya laporan hampir celaka kita bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan kerja.

Contoh hampir celaka yang sering kita jumpai adalah

  • Hampir terkena jatuhan obeng atau benda lainnya dari atas.
  • Hampir terjatuh karena menginjak lantai yang licin.
  • Hampir tersengat aliran listrik akibat ada kabel yang terbuka.
  • Hampir tertabrak forklift atau kendaraan lainnya
  • Hampir terjatuh dari tangga.
  • Hampir terjatuh saat mengendarai motor.
  • Dan contoh lainnya.

Jika anda tahu tentang piramida kecelakaan, bahwa kadang kala suatu kecelakaan diawali dengan near miss. Dalam setiap 600 hampir celaka akan ada 30 kasus kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada peralatan, mesin atau material, dan diantara itu kemungkinan ada 10 kasus kecelakaan yang berakibat pada cidera ringan dan diantara itu juga ada kemungkinan 1 kasus kecelakaan cidera serius atau bahkan kematian.

Artinya, kita tidak dapat menyepelakan near miss karena kita tidak pernah tahu diantara hampir celaka yang mana bisa menyebabkan kita atau orang lain celaka.  Sepertinya yang namanya kecelakaan tidak juga menunggu sampai 599 near miss dulu kemudian near miss yang ke 600 jadi celaka.  Untuk itu, kita harus tetap berhati-hati dan memperhatikan kondisi serta perilaku dalam beraktivitas.

Utamakan Keselamatan & Kesehatan Kerja
“Hari ini juga harus Zero Accident”  Yosh……

Tinggalkan Komentar di sini