Health

Makanan Pencegah Kanker

Food to Prevent Cancer

Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian dan setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Kanker terjadi karena adanya sel di dalam tubuh yang berkembang secara abnormal dan dapat menyerang jaringan lainnya. Tahukan kamu, bahwa zat karsinogen yang menjadi salah satu zat yang mendorong berkembangnya sel kanker. Zat karsinogen ini bisa berasal dari lingkungan ataupun makanan. Zat karsinogen yang berasal dari lingkungan tidak bisa kita kendalikan oleh karena itu kita hanya bisa mengendalikannya melalui makanan yang kita makan.

Zat karsinogenik yang masuk ke dalam tubuh dapat dinetralisir sebelum terjadinya kerusakan. Selama tubuh belum terjadi kerusakan akibat karsinogenik maka kita masih dapat mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang dapat menghambat terjadinya kanker.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menghambat terjadinya kanker, yaitu:

Kelompok Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung serat yang tinggi, selain kandungannya yang tinggi serat juga protektif terhadap timbulnya kanker. Selain itu, sayuran hijau dapat berfungsi untuk mengurangi kerusakan radikal bebas pada DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Kacang-Kacangan

Kelompok kacang-kacangan mengandung zat fitokimia yang dapat melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan yang dapat menyebabkan kanker sehingga dengan mengonsumsi jenis kacang-kacangan maka tubuh akan terhindar dari terjadinya kanker.

Kelompok Kubis

Selain kelompok sayuran hijau, kelompok kubis ini yang terdiri dari brokoli, kembang kol, kubis putih, kubis hijau, pak choy, dan kale juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang melindungi tubuh dari terjadinya pembesaran atau kerusakan pada sel-sel tubuh. Kandungan yang ada di kelompok kubis ini juga berfungsi untuk menghambat enzim yang mengaktifkan karsinogen dan menstimulasi enzim yang tidak mengaktifkan pembentukan karsinogen dalam tubuh serta mempromosikan komunikasi sel yang dapat membantu mengendalikan pertumbuhan sel yang abnormal.

Tomat

Sayuran ini mengandung vitamin C yang tinggi selain itu juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh yang mana radikal bebas tersebut dapat mendorong terjadinya pembentukan sel kanker. Dengan adanya zat antioksidan ini maka tubuh dapat terhindar dari terjadinya kanker. Selain itu, kandungan yang ada di dalam tomat juga dapat menstimulasi untuk menghancurkan sendiri dan menurunkan pertumbuhan dan metastasis dari beberapa jenis sel kanker.

Strawberry

Sama seperti dengan kelompok kacang-kacangan, buah strawberry memiliki kandungan fitokimia. Kandungan fitokimia yang ada di dalam buah stawberry disebut dengan asam ellagic. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan antioksidan yang kuat untuk melawan kanker termasuk menonaktifkan zat yang menyebabkan kanker serta memperlambat pertumbuhan sel kanker sehingga dengan mengonsumsi buah ini maka tubuh dapat terhindar dari terjadinya kanker.

Apel

Buah ini memiliki kandungan flavonoid dan triterpeniod yang berfungsi untuk memperlambat perkembangan sel kanker terutama pada kanker usus besar, paru-paru, dan payudara dalam beberapa tahap perkembangan kanker.

Tags : Kanker
Mia Muthiasari

The author Mia Muthiasari

Lulusan Gizi - Universitas Indonesia. Content Writer Coordinator di Sadkes.net

Tinggalkan Komentar di sini