Safety

Rambu K3 : Lengkap Jenis-jenis Rambu K3 yang Sering digunakan

materi safety talks

Rambu K3 merupakan salah satu cara yang menginformasikan kepada para pekerja tentang bahaya-bahaya keselamatan dan kesehatan kerja dari sesuatu aktivitas, area atau peralatan kerja tertentu. Sehingga, dengan adanya rambu K3 tersebut setiap orang baik pekerja, tamu, dan kontraktor dapat mengantisipasi sedini mungkin tentang bahaya-bahaya di area tersebut, hal ini juga untuk meminimalisir risiko yang dapat terjadi.

Rambu-rambu K3 sendiri sangatlah banyak, dan para ahli sudah berusaha agar rambu K3 yang ditampilkan tersebut dapat dipahami oleh semua orang dengan mudah. Sebagai dasar pengetahuan sebaiknya rambu-rambu yang ada di tempat anda bekerja bisa anda informasikan melalui safety induction. Anda dapat menyampaikan rambu-rambu yang sifatnya penting untuk diketahui oleh karyawan baru, tamu dan lain-lain. Misalnya penggunaan APD, Larangan-larangan dan lain sebagainya.

Safety sign dikelompokkan menjadi beberapa kategori berdasarkan warnanya.

  1. Warna Oranye (Warning/Awas/Peringatan)
  2. Warna Kuning (Caution/Waspada)
  3. Warna Biru (Notice/ Perhatian)
  4. Warna Merah (Danger/ Bahaya)
  5. Warna Hijau (Emergency/Safety)

Selain itu pula, pada umumnya berdasarkan bentuknya, rambu K3 tersebut dikelompokkan (ISO 7010 & ISO 3864-1 edition 2002) menjadi seperti berikut:

General Meaning of Geometric Shapes, safety colours, and contrast colours
General Meaning of Geometric Shapes, safety colours, and contrast colours

Berikut merupakan contoh-contoh dari Rambu K3 yang umumnya dipergunakan.

Warning Sign : Bentuk umumnya yaitu Segitiga dengan Warna dasar kuning/ oranye dan untuk warna gambar dengan garis hitam merupakan simbol untuk menunjukkan bahaya.

Rambu K3 : Warning Hazard Signs
Rambu K3 : Warning Hazard Signs

Mandatory Sign : Bentuk umumnya yaitu Lingkaran dengan Warna dasar biru, dan untuk warna gambar dengan putih merupakan simbol instruksi keselamatan.

Rambu K3: Mandatory Safety Signs
Rambu K3: Mandatory Safety Signs

Prohibition Sign : Bentuk umumnya adalah lingkaran dengan warna dasar putih dan dikelilingi dengan garis berwarna merah serta gambar utama dengan warna hitam.

Rambu K3 : Prohibition Signs
Rambu K3 : Prohibition Signs

Fire Sign : Bentuk umumnya adalah segiempat dengan warna dasar merah dan untuk gambar utama berwarna putih.

Firefighting Signs
Firefighting Signs

Emergency & Direction Sign : Bentuk umumnya adalah segiempat dengan warna dasar hijau dan untuk gambar utama adalah putih.

Emergency Signs
Emergency Signs

Pada kenyataannya jika pekerja diminta untuk mengartikan masing-masing simbol tersebut masih belum sepenuhnya memahami sehingga alangkah baiknya hal tersebut di dukung dengan memberikan tulisan secara singkat tentang maksud dari simbol tersebut. Sebaiknya pergunakan bahasa Indonesia, karena umumnya pekerja (Operator) belum tentu menguasai bahasa Inggris. Namun dalam hal ini saya menyarankan untuk dua bahasa sehingga jika sewaktu-waktu ada yang datang tidak menggunakan bahasa Indonesia setidaknya bahasa Inggris tersebut bisa mewakili. Dan hal ini tinggal di sesuaikan dengan kondisi yang ada di tempat anda bekerja. Berikut beberapa contohnya.

Untuk penempatan simbol yang di kombinasikan dengan tulisan sebenarnya bermacam-macam. Beberapa contohnya seperti dibawah ini.

Layout 1
Layout 1
Layout 2
Layout 2
Layout 3
Layout 3
Tags : Rambu K3Safety Sign
Noviaji Joko Priono

The author Noviaji Joko Priono

Alumni kesehatan lingkungan dari Universitas Indonesia. Setelah lulus S1, dia bekerja sebagai seorang HSE di sebuah perusahaan otomotif. Sekarang Joko sedang menempuh studi Magister di Universitas Indonesia pada bidang Keselamatan & Kesehatan Kerja.

1 Comment

Tinggalkan Komentar di sini