5S

Materi 5S Dasar di Tempat Kerja

Before After 5S

5S merupakan suatu sistem untuk menciptakan housekeeping yang baik di lingkungan kerja. Awal mula 5S berasal dari Japan dimana 5S itu merupakan singkatan dari Seiri, Seiton, Seisou, Seiketsu dan Shitsuke. Lalu apa pengertian dari masing-masing kata tersebut?

Apa yang dimaksud dengan Seiri 整理 ?

Memisahkan benda/barang yang diperlukan dan yang tidak diperlukan, lalu membuang benda yang tidak diperlukan tersebut ke tempat sampah.

Dalam pelaksanaan Seiri ini kita harus mengidentifikasi barang dalam dua kategori yaitu

  • Barang tidak diperlukan :  Untuk barang tidak diperlukan dipisahkan kemudian buang ke tempat sampah.
  • Barang diperlukan : Untuk barang yang masing diperlukan juga dilakukan identifikasi misalnya diletakkan di tempat penyimpan yang telah ditetapkan atau untuk beberapa kasus barang yang selalu digunakan maka diletakkan di tempat yang terdekat dengan lokasi kita bekerja namun harus di identifikasi tempat tersebut.

Apa yang dimaksud dengan Seiton 整頓?

Menetapkan cara penyimpanan, tempat penyimpanan dan bubuhkan indikasi penamaan supaya benda/barang mudah diambil pada saat diperlukan.

Dalam pelaksanaan Seiton ini merupakan hasil dari pelaksanaan Seiri yang baik.  Seperti yang telah disampaikan pada bagian Seiri, barang yang diperlukan diletakkan ditempat penyimpanan yang telah di tentukan.  Oleh karena itu, pada bagian Seiton ini penting untuk melakukan identifikasi terhadap tempat-tempat suatu barang.  Sehingga barang-barang tersebut nantinya akan mudah untuk ditemukan.  Siapa pun orangnya nanti akan dengan mudah mengenal tempat tersebut untuk benda A, benda B atau Benda C.  Identifikasi dalam hal ini adalah dengan memberikan nama tempat tersebut sesuai dengan nama benda yang disimpan ditempat tersebut.  Selain itu, juga bisa dilakukan dengan memberikan floor marking.

Apa yang dimaksud dengan Seisou 清掃 ?

Membersihkan sampah dan kotoran supaya kondisinya bersih, dilakukan juga pemeriksaan secara rinci terhadap hal tersebut.

Dalam pelaksanaan Seisou hal-hal yang dilaksanakan dengan membersihkannya dari debu atau kotoran lainnya. Target utamanya antara lain semua lantai dan jalan tembus, meja kerja, semua mesin, area gudang, jendela dan dinding dan tempat-tempat lain yang ditentukan.

Apa yang dimaksud dengan Seiketsu 清潔 ?

Melakukan Seiri, Seiton, Seiso secara seksama dan terus menjaga kondisi tersebut supaya tetap bersih dan tidak ada kotoran.

Pelaksanaan Seiketsu merupakan implementasi dari 3S diatasnya.  Dimana seluruh tim diminta untuk senantiasa memastikan bahwa lingkungan kerjanya dalam kondisi yang rapi dan bersih.  Untuk menjaga kondisi 3S diatasnya dapat dilakukan dengan membuat standar kerja dan jadwal rutin untuk melakukan pengecekan.  Hal ini dapat dilakukan dengan membuat checklist yang harus di isi oleh karyawan terkait.

Apa yang dimaksud dengan Shitsuke ?

Implementasikan aturan yg sudah ditetapkan sesuai ketetapannya dan jadikan kebiasaan.

Bentuk implementasi dari Shitsuke antara lain dengan melakukan audit 5S atau memberikan penghargaan kepada karyawan agar lebih semangat dalam pelaksanaan 5S dan tentunya dapat menjaga implemantasi 5S itu sendiri.  Hal ini merupakan salah satu cara agar karyawan senantia mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

 

 

Berikut merupakan salah satu form audit yang dapat dipergunakan. Silahkan klik link berikut ini Formulir 5S

Tags : 5S
Noviaji Joko Priono

The author Noviaji Joko Priono

Alumni kesehatan lingkungan dari Universitas Indonesia. Setelah lulus S1, dia bekerja sebagai seorang HSE di sebuah perusahaan otomotif. Sekarang Joko sedang menempuh studi Magister di Universitas Indonesia pada bidang Keselamatan & Kesehatan Kerja.

Tinggalkan Komentar di sini