close
Safety

Jenis APD: Pelindung Mata dan Muka di Tempat Kerja

Kacamata Safety

Ribuan orang mengalami kebutaan dari aktivitas pekerjaan yang mereka lakukan.  Padahal hal ini dapat dicegah dengan menggunakan alat pelindung mata atau kacamata safety. Kacamata safety berfungsi untuk melindungi mata dari masuknya debu atau partikel-partikel yang dapat menyebabkan iritasi mata atau risiko-risiko yang dapat terjadi pada mata.

Kejadian potensial pada mata/muka adalah masuknya debu, bubuk, dan asap.  Hal ini umumnya disebabkan akibat pekerjaan operasional seperti gerinda, pemahatan, pengamplasan, dan penyemprotan.  Bahan-bahan berbahaya juga dapat berbahaya jika terkena mata misalnya percikkan bahan berbahaya.  Aktivitas pengelasan, pemotongan logam dan bekerja yang memungkinkan anda terekspos panas, silau, ultraviolet atau radiasi infra merah juga dapat menimbulkan gangguan pada mata.

Ada beberapa cara yang dilakukan agar mata tidak banyak terekspose dengan bahan-bahan yang dapat membahayakan mata, misalnya dengan pemasangan ventilasi atau pengaturan pencahayaan yang baik.  Selain itu, upaya-upaya pemasangan rambu-rambu dan penyedian tempat pencuci mata jika sewaktu-waktu mata mengalami kontaminasi.  Dari jenis bahaya yang berbeda-beda ini, maka kita tidak dapat sembarangan menentukan penggunaan safety glosess.

From: CSA Standard Z94.3-07 (R2014) Selection, use and care of protective eyewear, 2014.
From: CSA Standard Z94.3-07 (R2014) Selection, use and care of protective eyewear, 2014.

Berikut ini merupakan jenis-jenis dari alat pelindung mata dan wajah/ kacamata safety:

Safety Spectacles dimaksudkan untuk melindungi mata pemakainya dari bahaya seperti fragmen terbang, benda, dan partikel. Pekerja diwajibkan menggunakan kacamata keselamatan mata dengan perisai sisi ketika ada bahaya dari benda terbang.  Safety spectachles dengan perisai sisi digunakan sebagai perlindungan utama untuk melindungi mata dari bahaya panas. Untuk melindungi memadai mata dan wajah dari paparan suhu tinggi, gunakan kacamata keselamatan dalam kombinasi dengan pelindung wajah panas-reflektif.

Safety Goggles memiliki jenis pelindung yang mengelilingi area mata dan memungkinkan melindungi dari asap, uap, cairan dan kabut. Kacamata sesuai dengan wajah yang mengelilingi mata dan membentuk segel pelindung di sekitar mata. Hal ini untuk mencegah obyek masuk di bawah atau di sekitar kacamata.  Safety goggles membentuk segel pelindung di sekitar mata, mencegah benda atau cairan masuk di bawah atau di sekitar kacamata. Hal ini terutama penting ketika bekerja dengan atau sekitar logam cair yang mungkin percikan.

Safety Goggles from https://www.amazon.com

Face Shields merupakan jenis perlindungan wajah penuh. Untuk menghindari terjadinya cipratan kilat api. Ketika dipakai sendiri, wajah perisai tidak melindungi karyawan dari bahaya dampak. Gunakan pelindung wajah dalam kombinasi dengan kacamata keselamatan atau kacamata untuk perlindungan tambahan.

Face Shields From: http://www.rockler.com

Welding Helmet merupakan jenis APD yang melindungi kepada. Namun rupanya secara fisik, APD ini digunakan untuk melindungi mata dan muka.

Welding Helmet from https://www.tolexo.com
Tags : APDKacamataKerjaSafety
Noviaji Joko Priono

The author Noviaji Joko Priono

HSE Specialist, Master Candidate of Occupational Health and Safety at Universitas Indonesia. President Environmental Health Student Association FKM UI 2013.

Leave a Response