Health

Manfaat Susu dan Waktu terbaik untuk Mengkonsumsinya

Manfaat Susu

Susu adalah minuman berprotein yang bermanfaat bagi tubuh manusia apabila dikonsumsi secara rutin. Dalam masa pertumbuhan bayi, balita dan anak-anak sering dianjurkan untuk minum susu agar pertumbuhannya menjadi optimal. Hal tersebut dikarenakan susu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menunjang tumbuh kembang. Adapun beberapa manfaat yang terkandung dalam segelas susu yang dikutip dari the dairy council diantaranya:

  1. Untuk kesehatan tulang

Susu dan produk olahannya mengandung kalsium, fosfor, magnesium dan proten yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang. Asupan yang baik dari susu daoat membantu tulang kuat dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis di masa tua.

  1. Untuk kesehatan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu dan produk olahannya juga bermanfaat bagi perkembangan dan perawatan kesehatan gigi. Kasein dalam susu dapat melindungi permukaan enamel gigi sehingga mencegah pengelupasan kalsium dan fosfat pada gigi ketika gigi terpapar oleh zat asam mulut. Sebuah studi juga menyatakan bahwa konsumsi susu dapat mengurangi efek kariogenik makanan pada gigi.

  1. Menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi 3 porsi susu setiap hari beserta konsumsi sayur dan buah dan diet makanan rendah garam dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa maupun anak-anak.

  1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Studi menemukan bahwa pria yang mengonsumsi susu dalam jumlah yang banyak memiliki risiko mengalami serangan jantung lebih kecil dibandingkan pria yang mengonsumsi susu dalam jumlah yang sedikit atau tidak mengonsumsi sama sekali. Studi epidemiologi menemukan bahwa konsumsi kalsium berhubungan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini disebabkan asupan kalsium yang cukup dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kalsium dapat mengikat lemak jahat bersamaan di dalam usus sehingga tidak ikut terserap ke dalam aliran darah sehingga mencegah tekanan darah meningkat.

  1. Mencegah obesitas

Ternyata sebuah studi menemukan bahwa orang yang konsumsi susu dan produk olahannya lebih langsing daripada mereka yang tidak konsumsi susu. Selain itu, konsumsi susu sebagai salah satu diet pengendalian asupan kalori tubuh berhubungan dengan penurunan berat tubuh.

  1. Mencegah penyakit diabetes dan kanker

Menurut penelitian tahun 2005, dinyatakan bahwa terjadi penurunan ririko diabetes tipe 2 seiiring dengan peningkatan konsumsi susu rendah lemak pada laki-laki dewasa, dan setiap penambahan konsumsi berhubungan dengan penurunan risiko.

Kalsium yang secara alami ada pada lemak susu dikenal sebagai Conjugated Linoleic Acid (CLA) yang dianjurkan sebagai zat protektif untuk kanker usus.

Setelah mengetahui manfaat dari susu, tahukah kamu kapan waktu yang tepat untuk minum susu agar nutrisinya dapat terserap secara optimal oleh tubuh?

  1. Waktu sarapan pagi

Susu mengandung kalori yang cukup bagi tubuh di pagi hari karena dapat memberikan energy pada tubuh. Pada waktu sarapan sebaiknya susu jangan dimakan bersamaan dengan makanan yang tinggi zat besi. Sebab penyerapan kalsium akan terhambat.

  1. Malam hari

Mengonsumsi susu sebelum tidur malam baik karena dapat menjadikan tubuh kita rileks sehingga tidur menjadi nyenyak dan berkualitas selain itu dapat melancarkan sistem pencernaan.

Reference 1

Reference 2

Tags : Kesehatansusu

1 Comment

Tinggalkan Komentar di sini