close
Saat PMS

Ketika akan akan bertemu dengan tamu bulanannya, seorang perempuan mungkin mengalami gejala-gejala yang kurang menyenangkan seperti payudara yang terasa mengendur (tender), kembung, dan nyeri pada otot. Hal ini biasanya disebut PMS. Sebenarnya, apa sih PMS dan bagaimana cara mengatasi rasa sakit saat PMS? Berikut penjelasannya.

PMS atau premenstrual syndrom adalah tanda dan gejala yang dirasakan seorang perempuan sebelum masa menstruasinya, dan cukup mengganggu kesehariannya. PMS bisa mempengaruhi kondisi tubuh, suasana hati, dan aktivitas sehari-hari saat masa menstruasi.

Mengapa terjadi PMS?

PMS sangat berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi saat siklus menstruasi, tetapi tidak belum diketahui secara pasti mengapa seseorang bisa mengalami gejala PMS yang lebih parah dibanding orang lain. Namun beberapa peneliti telah menemukan bahwa biasanya PMS dapat diturunkan di keluarga.

Asupan nutrisi juga dapat mempengaruhi terjadinya PMS, misalnya karena kurang Vitamin B6, kalsium, atau magnesium. Selain itu stress yang berat, kurangnya aktivitas fisik dan terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat membuat gejalanya semakin parah.

Cara mengatasi PMS

  1. Buat diari menstruasi

Selain mencatat kapan masa menstruasimu, catat juga gejala PMS yang kamu rasakan dan seberapa parah gejala tersebut. Hal ini akan membantumu mengetahui pola siklus menstruasi sehingga dapat menangani gejalanya dengan lebih baik.

  1. Praktikkan kebiasaan yang sehat

membiaskan aktivitas fisik 2,5 jam dalam seminggu bisa mengurangi tekanan dan rasa sakit juga memperbaiki suasana hati dalam masa menstruasi. Selain itu, jangan lupa konsumsi makanan sehat terutama yang kaya akan kalsium dan protein, susu rendah lemak, buah-buahan dan sayuran. Hindari kafein, alkohol, coklat, dan garam. Also, don’t smoke! Smoking is unhealthy and not cool at all.

  1. Kendalikan rasa sakit

Untuk mengurangi rasa sakit, biasanya obat yang digunakan adalah nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID) seperti naproxen atau ibuprofen yang diminum 1-2 hari sebelum masa menstruasi. Juga, gunakan bra yang lebih supportive seperti sports bra.

  1. Kurangi stress

Kamu bisa mencoba teknik relaksasi seperti latihan mengatur pernapasan, yoga, atau melakukan pemijatan. Atur waktu lebih baik, agar mendapat tidur yang cukup. Selain itu, ciptakan lingkungan yang mendukung, misalnya dengan merencanakan cara menangani masalah PMS dengan orang terdekatmu.

Dalam melakukan tips-tips di atas, lebih baik coba satu atau dua cara pada satu waktu ketimbang melakukan semuanya sekaligus. Hal ini dapat membuatmu mengetahui mana yang paling membantu mengatasi masalah PMS. Lakukan satu atau dua cara di atas selama 2-3 siklus mestruasi. Jika tidak ada perubahan, gunakan cara lain. Selain itu, jika masalah yang kamu hadapi sangat berat dan sengat mengganggu, jangan ragu berkonsultasi pada dokter. Hope you enjoy your period!

Reference : WebMD, 2014. Premenstrual Syndorm (PMS): Topic Overview. Diakses di link

Tags : KesehatanMenstruasiPMSReproduksi
Saadatul Aliyah

The author Saadatul Aliyah

Leave a Response