close
Mencuci Tangan Pakai Sabun

Kebanyakan orang biasanya menyepelekan kegiatan mencuci tangan dengan sabun. Padahal kegiatan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kita. Mencuci tangan dengan sabun dapat menghilangkan kuman dan mencegah infeksi. Mengapa? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari CDC.

  • Kita biasanya menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa disadari sehingga kuman dapat masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau mulut dan menyebakan penyakit.
  • Kuman dari tangan yang belum dicuci dapat tersebar ke dalam makanan dan minuman ketika kita menyiapkannya. Kuman dapat berkembang biak dalam beberapa jenis makanan dan minuman. Jika makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi kuman dikonsumsi, kita bisa terkena penyakit.
  • Kuman dari tangan yang belum dicuci dapat berpindah ke benda lain seperti pegangan tangga, meja, mainan, kemudia akhirnya menyebar juga ke tangan orang lain.
  • Mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah penyakit seperti diare, infeksi saluran pernapasan, juga infeksi pada kulit dan mata

Kapan harus mencuci tangan dengan sabun?

Mencuci tangan dengan sabun sebaiknya dilakukan saat sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, sebelum dan setelah menyentuh orang sakit, sesudah menggunakan kamar mandi, setelah batuk atau bersin atau membuang ingus, setelah mengganti popok atau pembalut, sebelum dan setelah mengobati luka, setelah membersihkan atau membuang sampah, juga setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan

Sabun vs Hand Sanitizier

Sebenarnya, mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih merupakan cara paling efektif dalam menurunkan jumlah mikroba atau kuman di tangan kita. Jika sabun dan air tidak tersedia, kita bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung 60% alkohol. Hand sanitizer dapat digunakan di beberapa situasi, tapi tidak bisa menghilangkan seluruh jenis kuman atau bahan kimia berbahaya. Hand sanitizer juga tidak akan bekerja dengan efektif jika tangan kita kotor oleh butiran-butiran debu atau tanah. selain itu, alkohol dalam hand sanitizer yang tertelan dapat menyebabkan keracunan.

Jadi, masih malas mencuci tangan dengan sabun? Sebaiknya tidak. Meskipun terlihat sederhana, kegiatan ini bisa menyelamatkan kita dari berbagai kuman yang menjadi sumber penyakit, loh.

Referensi

Centers for Disease Control and Prevention, 2015. Handwashing: Clean Hands Save Lives. Information on http://www.cdc.gov/handwashing/show-me-the-science-handwashing.html

Tags : Cuci TanganKesehatanLingkungan
Saadatul Aliyah

The author Saadatul Aliyah

Leave a Response